Menu 4 Sehat 5 Sempurna Bloging

Habis membaca Blognya pak Joko Susilo, saya terinspirasi menyalin tulisan ini. Menu “empat sehat lima sempurna” adalah soal mengkonsumsi informasi. Agar nantinya blog yang kita kelola bisa menyajikan informasi “bergizi” seimbang. Sehingga pembaca pun betah menikmatinya.

Apa sajakah menu blogging empat sehat lima sempurna?

Selain mengkonsumsi “makanan” berbayar, saya pun mengkonsumsi non-berbayar. Dari suplai informasi-informasi berkualitas tersebut, kita mengunyah dan mencernanya. Sehingga kemudian kita pun mampu menghasilkan “makanan” yang layak ditunggu siapapun.

Lalu hubungannya dengan menu blogging? Agar blog anda pun bisa menghasilkan konten-konten yang menarik, serta pengembangan content dan blog anda bisa berjalan lancar, perhatikan “konsumsi” informasi anda, apakah sudah empat sehat lima sempurna?

  1. Informasi Dasar. Informasi dasar merupakan “makanan pokok” anda. Dan “makanan” ini bisa tergantung dari niche blog anda. Sebagai contoh, kalau nichenya adalah pendidikan seperti punya mungkin seperti situs web Diknas menjadi langganan. Alternatif lain? Ensklopedi seperti Wikipedia, bisa menjadi tempat mencari informasi dasar.
  2. Informasi Teknis. Setelah mengetahui informasi dasar, anda pun perlu mengkonsumsi teknis-nya. Mungkin berupa langkah-langkah atau tutorial. Informasi teknis ini ibarat “lauk-pauk” yang berisi protein untuk memperkuat struktur dan sel blog atau situs web anda.
  3. Informasi Segar. Anda juga perlu informasi yang fresh untuk mengetahui hal-hal yang sedang heboh diperbincangkan. Informasi ini bisa anda temukan di portal berita seperti detik.com atau Google News. Fungsi informasi jenis ini seperti sayur-sayuran yang akan menyegarkan tubuh anda. Dan yang jelas, tak membuat anda ketinggalan informasi.
  4. Motivasi. Seperti “buah-buahan” yang penuh vitamin, blog motivasi bisa membuat anda semangat.
  5. Produk Berbayar. Seperti susu yang mengandung berbagai macam kandungan, dari protein, lemak, kalsium, sampai vitamin, begitupun biasanya yang terdapat dalam produk berbayar. Di dalamnya, segala hal sudah dijelaskan dengan lengkap, sehingga anda dengan mudah dapat langsung mempraktekkannya.

Tentu saja, dalam mengkonsumsi kelima jenis informasi tersebut jangan sampai anda mengkonsumsi berlebihan. Sehingga mengakibatkan anda mengalami over load informasi yang berakibat mengalami “obesitas blogging”. Tanda-tandanya adalah anda keasikan mengkonsumsi dan “NO ACTION!” Untuk mengantisipasinya, anda perlu melakukan fitness blogging. Mengkonsumsi secara bertahap dan terus ACTION adalah langkah bijak untuk membuat blog sukses spektakuler.

Bagaimana menurut anda? Sudah “empat sehat lima sempurna”-kah menu blogging anda?

1 komentar: